Beranda > Wisata > Pesona Wisata Goa Arca

Pesona Wisata Goa Arca

P1010304Kurang lebih 30 menit perjalanan dari ibu kota kecamatan Karangnunggal, tepatnya di desa Cikapinis Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya terdapat sebuah tempat wisata yang belum begitu dikenal oleh masyarakat banyak. Goa Arca, itulah masyarakat desa Cikapinis menyebutnya.

Perjalanan tim Taselamedia yang mengikuti rombongan wisata adventur para kepala desa se kecamatan Karangnunggal baru baru ini, yang diketuai oleh Drs. Tatang Bachtiar selaku Kepala Desa Karangnunggal berakhir menggunakan roda empat di kampung Beton, selanjutnya tim melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menempuh perjalanan kurang lebih setengah kilometer menyusuri jalan setapak di antara hutan karet yang udaranya sangat sejuk sekali, hingga sampailah kami pada lokasi yang agak lapang yang merupakan kebun penduduk. Dihadapan kami menjulang bukit yang cukup tinggi, terlihat di lereng bukit tersebut mulut goa menghadap ke utara.

Setelah mempersiapkan segala perlengkapan, kami bergegas menuju mulut gua di pandu oleh Bapak Duleh (52) dan Andi (30) warga setempat yang sudah terbiasa mengantar para pengunjung memasuki areal goa.

Untuk menjangkau mulut goa, kami harus menaiki tebing yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter dengan kondisi yang tidak terlalu curam, namun diperlukan ekstra kehati-hatian karena jalan yang dilalui berupa batu batu yang cukup tajam.

Memasuki mulut goa, kami mulai terpana ternyata goa Arca menyimpan keindahan yang tiada bandingannya. Stalakmit dan stalaktitnya benar-benar menggambarkan bahwa goa tersebut telah ada sejak ratusan tahun lamanya, dan memberikan panorama alam yang cukup menawan. Goa Arca didalamnya cukup luas sekali dan tim kami pun ketika memasuki goa ini tidak mengalami kesulitan dan kendala apa pun.

Goa Arca didalamnya memiliki banyak lorong-lorong dimana setiap lorongnya cukup menarik dan menantang untuk dilewati. Di salah satu bagian di dalam goa tersebut ada terdapat sebuah stalakmit yang menyerupai patung atau arca, mungkin dari patung inilah goa ini dinamakan goa Arca. Namun cukup disayangkan stalakmit yang menyerupai arca tersebut kepalanya telah hilang oleh tangan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. Hal ini mungkin juga disebabkan oleh lemahnya atau kurangnya kepedulian pemerintah dalam melindungi aset aset wisata yang menyimpan potensi yang cukup besar apabila dikembangkan dikemudian hari.

Perjalanan dari mulai masuk sampai ke luar dari goa tersebut kurang lebih memakan waktu 50 menit dengan rentang panjang  goa kurang lebih 500 meter, di mana pintu ke luar goa Arca ini menghadap ke sungai Cilangla yang seakan-akan keletihan perjalanan menyusuri goa tersebut terobati oleh keindahan pemandangan alam sungai cilangla.

Apakah anda tertarik untuk berwisata ke goa Arca? Mungkin bisa dijadikan alternatif perjalanan wisata anda pada liburan idul fitri nanti. (Yedi)

Kategori:Wisata
  1. al-faruk
    4 Desember 2009 pukul 09:10

    wah kapiheulaan kang yedi eung, padahal abdi oge urang leubah dinya, nyasatkeun mah tatangga jeung goa arca teh, apan abdi urang cikupa tatanggana cikapinis. ha…ha…

  2. anton Kidul
    16 Mei 2012 pukul 12:47

    kalo di gali cikatomas-Pancatengah dengan wisata Goa dan Curugnya kang itu cukup lumayan banyak….

    cikalong dengan Wisata pantai Karang taulan- dan pangkalan pun sung guh t’ terawat kang…

    semoga pemerintah semakin terbuka mata dan hatinya ya kang……

    • 22 Oktober 2016 pukul 20:22

      Paranti Urang ngusep yeh.

    • 22 Oktober 2016 pukul 20:25

      Ayna jalan na nj di renopasi.di ageungan.Sareng di tambah tempat ziarah makam di kampung cilutung.mudahmudahan berjalan dengan baik.rame.jadi Tiasa usaha Dagang tasbeh baradag sisi jalan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: