Beranda > Pemerintahan > Presidium Tasela Segera Dibentuk

Presidium Tasela Segera Dibentuk

Presidium Tasela Segera Dibentuk,
Respon atas Hearing Jabsel Dengan DPRD I

BANTARKALONG- Digelarnya sidang paripurna DPRD Jabar hari Jumat kemarin dimanfaatkan oleh sejumlah perwakilan dari wilayah-wilayah Jabar Selatan untuk melakukan hearing. Tak terkecuali, delegasi Tasela ikut menghadiri acara tersebut, selain Garsel, Cianjur Selatan, serta Ciamis Selatan. Sayangnya, dalam pertemuan tersebut, delegasi Tasela belum diwakili oleh sebuah presidium khusus terkait masalah pemekaran wilayah.
Hal ini menyulut keprihatinan salah seorang tokoh Bantarkalong AA Yayan. Dalam hal ini katanya, Tasela terhitung ketinggalan dibandingkan dengan wilayah lainnya. Beberapa wilayah tersebut katanya, saat ini telah memiliki sebuah presidium khusus. “Karena itu, tak lama lagi kita akan segera membentuk presidium Tasela. Ini untuk mengejar ketertinggalan,”katanya.
Di tempat terpisah, Asep Saepuloh ST, mantan Ketua Umum Kassat (Komunitas Studi Tasikmalaya Selatan) menjelaskan, secara teknis memang tertinggal oleh wilayah Jabar pesisir lainnya. Tetapi secara issue katanya, Tasela sebetulnya telah lebih dahulu ketimbang daerah-daerah tersebut. Bahkan katanya, pembentukan issue tersebut telah digaungkan sejak tahun 1992, tahun 2004, dan yang terakhir katanya, secara jelas terlihat tahun 2007 lalu.
Pemikiran tentang kabupaten Tasela sendiri ternyata memiliki kesamaan akar permasalahan. Antara lain, karena selama ini pembangunan di wilayah pesisir Jabar tidak pernah optimal. Dan disisi lain katanya, pemerintah Propinsi dan pemerintah Pusat memang sudah sejak lama mencanangkan wilayah Jabar Selatan sebegai prioritas pembangunan. Antara lain dengan dibukanya Jalur Jabar Selatan (JJS).
Asep juga menghimbau agar semua element masyarakat Tasela segera menyamakan persepsi dan memperkuat komitmen untuk terus membangun Tasela agar lebih maju dalam segala bidang. Yang paling urgent katanya, menyangkut aspek pendidikan, kesehatan, serta penyadaran hukum. Disisi lain, Asep juga menyarankan agar terjalin sebuah komunikasi yang intensif dengan dengan semua organisasi ke-Taselaan.
“Dengan wilayah yang cukup luas, yakni mencakup sekitar 14 Kecamatan, tasela memiliki berbagai permasalahan yang kompleks. Tetapi disisi lain, tasela juga memiliki seabrek potensi yang jauh lebih hebat ketimbang daerah lainnya. Seharusnya, pemerintah selain berkonsentrasi membangun ibukota, juga jangan sampai aspek pembangunan yang lain tidak diprioritaskan,”katanya.
Sebagai contohnya kata dia, selama ini pembangunan sarana-sarana publik seperti Rumah Sakit Umum, seharusnya dibangun di daerah Tasela. Soalnya jika dibandingkan dengan wilayah lain, Tasela terhitung sangat jauh. (uym)

Kategori:Pemerintahan
  1. Uwaw Panjang Yuswana
    4 September 2009 pukul 13:28

    as soon as possible… ( lebih cepat lebih baik )

  2. bactiar
    21 Oktober 2009 pukul 13:04

    bukan berarti aku merndahkan potensi wil yang lain , tapiii , di Tasela emang banyak potensi alam sebagai modal untuk menjadi wilayah kabupaten,dan lagi dari segi pelayanan masyarakat terlalu jauh menjangkau ibu kota kab terutama pelayanan yang berhubungan dgn adm negara, kesehatan dll

  3. Ruswandi
    10 November 2009 pukul 11:30

    Pemekaran adalah suatu kniscayaan. Cepat atau lambat bisa terjadi. Lebih-lebih dukungan untuk itu sudah nampak baik berupa semangat, sdm, maupun sumber daya alam yang bakal menjadi modal yang sangat penting.
    Mangga wilujeng !

  4. Tendi Hendiana Al-Faruk
    11 November 2009 pukul 10:53

    Urang tasela pasti ngadukung, sesuai dengan nama aku Al-Faruk siap mendukung pemekaran ini. klo udah siap tinggal jalan az.

  5. 14 Agustus 2014 pukul 23:55

    Hello! I realize this is somewhat off-topic however I needed to ask.
    Does managing a well-established website like yours take
    a lot of work? I’m completely new to writing a
    blog but I do write in my diary everyday. I’d like to start a blog so I can easily share my own experience
    and views online. Please let me know if you have any suggestions or tips for brand new aspiring bloggers.

    Appreciate it!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: