Beranda > Umum > Dokter Kandungan Mutlak Diperlukan, Banyak Pasien Perlu Pelayanan

Dokter Kandungan Mutlak Diperlukan, Banyak Pasien Perlu Pelayanan

Karangnunggal- Program praktek dokter kandungan RS Hasan sadikin Bandung di Puskesmas Rancamaya Karangnunggal beberapa waktu ini, mendapat respon positif dari masyarakat Tasela. Kendati baru sekitar 2 bulan dijalankan, ibu-ibu hamil berbondong-bondong mengikuti pelayan kesehatan langka ini. Termasuk pelayanan chek up kandungan dengan peralatan USG. Menurut Kusnadi SIP, Kepala TU Puskesmas Rancamaya Karangnunggal, hal ini menunjukkan bahwa keberadaan dokter kandungan di daerahnya sudah tak dapat ditawar-tawar lagi. “Setiap kali kunjungan dokter kandungan disini selalu direspon positif oleh masyarakat. Ini dibuktikan dengan tren kunjungan masyarakat dari waktu ke waktu terus menunjukkan peningkatan. Bahkan masih banyak ibu-ibu yang belum mendapat giliran pelayanan mereka,”katanya.. Dia menyatakan, selama ini pelayanan kesehatan bagi ibu-ibu hamil di daerahnya masih ditangani oleh para bidan perawat. Karena itu, pelyanan ini katanya jelas tidak optimal. Pasalnya kata dia, ada beberapa pengetehuan dan ketermapilan yang tidak dikuasai para bidan. Di tempat terpisah, Dody SP, salah seorang aktivis Presidium Pemuda dan Cendekiawan Tasela mengatakan, bahwa hal ini menjadi salah satu PR Dinas Kesehatan. “Jelas masalah ini harus direspon oleh pihak terkait. Walaupun pelayanan dokter kandungan ini tidak serta merta menjadi optimal 100%, paling tidak ada peningkatan ritme kunjungan. Misalnya dari satu bulan 3 hari, menjadi satu minggu 3 hari,”harapnya. Dody juga tak memungkiri, selama ini pelayanan dokter kandungan bagi masyarakat Tasela masih sulit dijangkau. Yakni masih terbatas RSU yang terletak di kota Tasikmalaya dengan jarak tempuh dari Karangnunggal mencapai sekitar 60 km. Bahkan dari daerah pantai cipatujah, jarak itu bisa mencapai sekitar 100 km, katanya.

Kategori:Umum
  1. wie
    18 September 2009 pukul 15:10

    memang betul masyarakat Tasela sudah selayaknya mendapat pelayanan dari dokter Spesialis Kandungan di puskesmas Karangnunggal,maaf program ini bukan baru berjalan 2 bulan tapi sudah 5 bln terhitung mulai bulan April,tp untuk bulan Ramadhan program ini di off dahulu dan mulai berjalan lagi bulan depan. Tapi kepada masyarakat Tasela tidak usah khawatir yang ingin di USG tidak perlu menunggu dokter Spesialis datang,untuk ibu-ibu hamil bisa di tetap di USG di PKM Karangnunggal karena pelayanan USG msh bisa dilakukan oleh dokter PKM. Jadwalnya hari Selasa s/d Jumat,pukul 09.00-12.00. Mudah-mudahan ke depannya Dokter Spesialis Kandungan ini bisa memberikan pelayanan tiap hari untuk masyarakat Tasela. thanx.

  2. 18 September 2009 pukul 21:15

    bukan hanya dokter kandungan yang diperlukan warga tasela. Objektivitas keperluan yang sangat mendesak adalah ditingkatkannya puskesmas karangnunggal menjadi Rumahsakit minimal type B.hal ini didasari oleh luas wilayah dan keadaan demografi yang sudag seharusnya ada fasilitas yang memadai dalam pelayanan kesehatan.
    Dijadikannya Tinawati menjadi Rumnahsakit, ini keputusan yang tidak objektive, yang berdasarkan skala prioritas pelayanan yg harus didahulukan,secara sederhana, masyarakat singaparna dan sekitarnya akses untuk merndapatkan pelayanan kesehatan sangat dekat dengan kota dan disingaparna juga ada poliklinik yang bisa membantu pelayanan kesehatan.Namun untuk kesekian kali masyarakat pakidulan tertinggal dan sengaja dimarginalkan secara sistematis…dan..kita hanya diam??.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: