Beranda > Keagamaan > Calon Jemaah Haji Kecamatan KarangnunggalDari Tahun Ke Tahun Mengalami Peningkatan

Calon Jemaah Haji Kecamatan KarangnunggalDari Tahun Ke Tahun Mengalami Peningkatan


Karangnunggal. Sebanyak 119 orang calon jemaah haji asal Kecamatan Karangnunggal akan di berangkatkan pada musim haji tahun 2009 ini. Data yang diperoleh dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Karangnunggal, jumlah calon jemaah haji dari kecamatan Karangnunggal awalnya sebanyak 120 orang. Hanya saja satu calon jemaah meninggal dunia karena sakit.

Untuk tahun 2009 ini, jumlah calon jemaah haji mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Jemaah haji yang berangkat  tahun 2008 jumlahnya sebanyak 106 orang.  

kades karang

Di tempat terpisah, Kepala Desa Karangnunggal Drs. T Bachtiar ketika ditanya pendapatnya mengenai peningkatan calon jemaah haji ini,  menyambut baik dan merasa bangga. Tetapi ada yang  harus dipikirkan oleh kita bersama di mana seharusnya KUA yang lebih berperan aktif dalam Bimbingan Manasik  dan penanganan seputar peserta ibadah haji ini, ujarnya. Mungkin masyarakat pada umumnya kurang mengetahui kalau lembaga yang seharusnya berperan mengadakan bimbingan haji adalah Kantor Urusan Agama, Sebab menurut Tatang, saat ini peranan  Kantor Urusan Agama, dalam penanganan peserta ibadah haji ini  perannya kalah oleh KBIH. Coba saja kita cermati, apabila pelaksanaan dan pelayanan di tanah suci buruk, yang dipersalahkan kan Departemen Agama bukan KBIH. ”Peranan  KUA sekarang ini hanya sebatas mengumpulkan data saja, urusan Bimbingan Manasik yang diadakan oleh KUA sendiri kalah gaungnya oleh Bimbingan Manasik yang di adakan oleh KBIH”, pungkasnya. (Yedi)

Kategori:Keagamaan
  1. eka wandar
    1 Oktober 2009 pukul 02:53

    naik Haji termasuk rukun Islam yang ke lima… wajib hukumnya berangkat haji (bila mampu)…

    kenapa ya…? orang yang pernah berangkat naik haji ng mau memberi kesempatan sama yang belum naik..??

    memang ada kebijakan dari Pemerintah Pusat didalamnya Departemen Agama yang berangkat ke haji hanya diberi kesempatan 1 kali… tapi ada aja KBIH yang nakal dan selalu memanipulasi data….

    dari sini kita lihat KBIH saja sudah rusak apalagi sudah di sana (negeri Saudi)… nanti ada aja alasannya bayar inilah bayar itulah… yaahhhh… begitulah…

    sekarang bagaimanapun kalo dari pemerintah tidak tegas maka akan selamanya begini..ni..ni, begitu..tu..tu..

  2. wewe
    6 Oktober 2009 pukul 15:23

    Alhamdulillah ternyata di Kecamatan Karangnunggal banyak orang yang mampu melaksanakan ibadah haji meskipun katanya saat ini musim “paceklik” atau musim “serba susah”.

    yang di sayangkan kenapa ya “katanya” pelayanan nya dari taun ketaun semakin menurun? biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan apa yang didapat.

    kalau misalkan pemerintah sudah tidak sanggup untuk memperbaikinya saya lebih setuju pengelola ibadah haji diserahkan kepada pihak swasta.

    dengan begitu masyarakat lebih bebas untuk memilih mulai dari segi biaya sampai pelayanan yang akan didapat.

    wallohualam
    smoga menjadi haji mabrur!!!!!!!!!!!!

  3. rani
    14 Oktober 2009 pukul 16:05

    denger – denger harga domba tiap KBIH sudah beda2… di sini ada yang 200 Real disana 400 real … yang bener yang mana…

    tolong pemerintah awasi kadang2 KBIH menelantarkan Jamaah Haji di sana…

  4. Tendi Hendiana Al-Faruk
    11 November 2009 pukul 11:27

    alhamdulillaah, paningkatan jama’ah haji ieu ngabuktikeun yen kasadaran beragama di karangnunggal teh pisan gedena, sareung deuih ekonomi karangnunggal teh meureun leuwih ti maju, mung hanjakal kamajuan widang ekonomi teh teu walatra nyatana nu beunghar, beunghar nu malarat, malarat. ieu bade tumaros kanu ngartos panuhun diwaler, pami angkat munggah haji teh tiasa angkat saupami tos ninggalkeun kulawarga, tatangga dina kaayanan sejahtera, cindekna mah ualah ninggalkeun lembur dina eta kembur loba keneh nu ekonomina lemah, komo deui pan karangnunggal teh nuju ngawangun GDI (Gedong Dakwah Islamiah) nu acan rengse alatan mang “dana” jeung “biaya” ceunah, kumaha tah. nu tos arangkat mah urang do’akeun sing saralamet jeung jadi Haji mabrur jeung makbul, kituh.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: