Beranda > Umum > Tanjakan Nayagati Di Kecamatan Culamega Masih Tanah Merah

Tanjakan Nayagati Di Kecamatan Culamega Masih Tanah Merah


Culamega-Warga Desa Mekarlaksana Kecamatan Culamega mengharapkan, tanjakan Nayagati yang menghubungkan antara desa Mekarlaksana dengan Desa Cintabodas segera diaspal. Jalur tersebut juga merupakan jalan poros yang menghubungkan antara Kecamatan Culamega dengan Kecamatan Bantarkalong. Rutenya melewati Desa Pamijahan, melalui kampung Cilumbu dengan tanjakan yang terkenal ekstrem disertai panorama pegunungan yang memikat, karena nyaris seluruh areal perkampungan dan pesawahan di Pamijahan bisa dilihat dengan jelas.

“Sebetulnya, dari arah Desa Mekarlaksana sebagian jalannya pernah dibangun. Antara lain dengan PNPM tahun 2009 sekitar 2000 meter dengan konstruksi cor, tambah lagi melalui ADD tahun 2010 sepanjang 500 meter. Tetapi dari arah Desa Cintabodas, masih utuh, khususnya di tanjakan Nayagati, sebagian masih berupa tanah merah,”terang Abud Ubaidillah SP, Ketua UPK PNPM Mandiri Kecamatan Culamega.

Sementara itu menurut Dede  Saefuloh Kades Mekarlaksana ketika ditemui di tempat kerjanya mengungkapkan hal yang sama. Katanya, Kecamatan Culamega selama ini sulit dijangkau akibat jalan rayanya yang rusak berat. Sebagai gambaran, untuk keperluan belanja, masyarakat biasanya menuju pasar Simpang Kecamatan Bantarkalong, dengan rute memutar melalui Desa Darawati dan Desa Nangelasari Kecamatan Cipatujah, jaraknya sekitar 25 km, sementara kalau saja  dengan melalui jalur Nayagati Desa Mekarlaksana dan Pamijahan, jaraknya hanya sekitar 8 km saja.

“Coba kalau jalannya bagus, saya yakin ongkosnya juga tidak akan mahal. Dari segi waktu juga lebih efisien. Disamping itu, roda ekonomi masyarakat kami akan berkembang lebih pesat,”kata Dede.

Sementara itu, Entis salah seorang petugas di puskesmas pembantu Pamijahan sebelumnya mengungkapkan, selama ini banyak masyarakat Kecamatan Culamega khususnya dari Desa Mekarlaksana berobat kesana. Kemungkinan besar katanya, hal ini terjadi karena jarak tempuhnya jauh lebih dekat daripada harus pergi berobat ke  Puskesmas Culamega. (kanjeng mareta)

 

Kategori:Umum
  1. ifa
    22 November 2010 pukul 23:40

    asslm..wr.wb.
    saya ingin tahu potensi dan profil mengenai tasikmalaya selatan..
    terima kasih
    wsslm..wr.wb.

  2. 24 Juli 2012 pukul 20:51

    Hidup Culamega…. perbaiki Infrasuktur yang ada… Untuk menunjang kesejtraan masyarakat Di Kec. Culamega.

  3. 30 Agustus 2012 pukul 16:34

    Hari Sabtu kemarin ini masyarakat kampung Daracana, cihujan, cikawung, cibarengkok, sukamulya, cilanjung – desa cikuya kecamatan Culamega berbondong-bondong berziarah ke Makam Syekh A. Muhyi di Pamijahan. Alhamdulillah, saya yg ikut dalam rombongan merasa bersyukur sekali bahwa jalan menuju ke Pamijahan sudah bisa melalui CILUMBU dimana mulai dari CINTABODAS sampai ke PAMIJAHAN sudah diperbaiki dengan cara di COR. Tanjakan dan jalan menurun yang curam di NAYAGATI kini nampak tidak begitu menyeramkan, kendaraan roda dua dan empat sudah mulai memenuhi jalan ini untuk menuju ke arah Pamijahan-Bantarkalong-Pasar simpang dan langsung ke Tasikmalaya. Dan menurut kabar, perbaikan pengecoran jalan NAYAGARI cilumbu ini baru selesai satu bulan lalu. Buat sementara ini jalur CILUMBU ini bisa dijadikan jalur alternatif bagi warga Desa Cintabodas, Desa Cikuya atau Desa lainnya untuk menuju ke Pasar Simpang-Karangnunggal, karena jalan Culamega neglasari ,masih rusak parah walaupun sekarang ini sudah terlihat pengerjaan awal untuk dalam waktu beberapa bulan ini akan diaspal sepanjang 7 kilometer. Jalan yang sudah diaspal terlihat mulai dari simpang Darawati hingga Cikalong, selebihnya hingga ke Genteng masih rusak parah. Mudah-mudahan saja jalan ini bisa cepat diperbaiki oleh Pemerintah Daerah.

  4. tata karyana
    4 November 2012 pukul 22:15

    semoga dapat terealisasi yang menjadi harapan bersama warga cinta bodas

  5. Cibeunteur
    21 November 2012 pukul 12:44

    Kp. Cibeunteur yg terletak di Desa Cipicung. Sangat mengharapkan perbaikan jln, khususnya jln yg menghubungkan Kp. Cibeunteur-Kec. Culamega, yg saat ini rusak parah. Mudah-mudahan dinas terkait bisa merespon secepatnya,

  6. oonx
    29 Desember 2012 pukul 14:44

    alhmdulillah jalan darawati-genteng cikuya sudah d perbaiki.,.kegiatan ekonomi jadi lancar

  7. 8 Juli 2015 pukul 07:42

    Mohon bantuan rekan-rekan perihal geografis dususn cintabodas letak ketinggian dari permukaan laut, terima kasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: