Beranda > Umum > RATUSAN TERNAK JADI SASARAN ANJING LIAR

RATUSAN TERNAK JADI SASARAN ANJING LIAR


Cipatujah-Akhir akhir ini di sekitar Desa Tobongjaya dan Bantarkalong yang masuk wilayah Kecamatan Cipatujah anjing liar tengah merajalela memangsa ternak warga sekitar, akibatnya sudah ratusan ternak di kedua wilayah tersebut mati mengenaskan.

Menurut salah seorang penduduk Cieksel Desa Bantarkalong Enut (40), yang merupakan salah seorang peternak kambing  menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir ini, kandang ternaknya sudah 3 kali diserang kawanan anjing ganas. Akibatnya 3 ekor kambing miliknya mati dengan kondisi mengenaskan. Beberapa ekor ternak milik penduduk yang ditemukan mati akibat dimangsa anjing liar ini diantaranya, batang lehernya nyaris putus dengan luka menganga. Sebagian lainnya, kaki-kakinya hancur, dan juga sepotong badannya lumat bersama tulang-tulang iganya.

“Sejak kurang lebih lima bulan terakhir ini kami sulit tidur. Setiap malam pasti meronda. Soalnya takut ada anjing lagi,”katanya kepada wartawan ketika ditemui di lokasi kandangnya.

Sementara itu Sahya, yang juga seorang peternak ikut menjelaskan, yang dimangsa bukan cuma ternak kambing, tetapi juga itik hingga kerbau dan sapi. Dia juga mengaku kambingnya ada satu ekor yang dimangsa. Namun ternak kerbaunya masih untung hingga kini masih selamat.

Dia juga mengaku sudah 5 hari ini, dia bersama para peternak yang lain meronda di sekitar lapangan Cikareo. Tak jauh dari lapangan itu, memang terdapat puluhan ternak kambing dan kerbau. Warga berjaga-jaga hingga menjelang subuh, karena diyakini anjing-anjing itu beraksi menjelang dini hari hingga menjelang subuh.

Lain lagi cerita Suhadin, kerbaunya hampir mati di mangsa anjing. Tetapi beruntung kerbau miliknya  masih bisa diselamatkan. Tetapi bokongnya sudah hancur.

“Punya mang Suparno lalu 3 ekor kambingnya mati sama anjing,”katanya.

Dia meyakini, ternak yang dimangsa selama 5 bulan itu sudah lebih dari 150 ekor. Sebagai contohnya kata dia, di Desa Tobingjaya sekitar bulan Desember lalu sudah 70 ekor yang mati. Apalagi kalau dihitung sampai sekarang, kemungkinan jauh lebih banyak lagi.

Untuk mengantisipasinya, para peternak selain berjaga tiap malam juga harus merombak kandang kambing mereka menjadi lebih tinggi dari biasanya. Hal ini cukup terbukti bisa meminimalisir dampak serangan itu, karena diyakini anjing liar itu sulit untuk memanjatnya.

Walaupun demikian, tak berarti langkah itu sudah aman, karena faktanya masih ada juga kambing yang menjadi korban. Karenanya mereka juga nyaris di setiap kandang membuat semacam jebakan atau ranjau. Herannya dalam setiap serangannya, anjing tersebut selalu luput dari jebakan.

“Nah kemarin malam saya pasang jebakan, yang pake pentungan diatasnya. Hampir tertangkap 2 ekor, tetapi keburu lepas karena tali jebakannya digigit hingga putus,”katanya.

Karenanya tak kunjung bisa ditangkap, kebanyakan warga sekarang malah menjadi ketakutan karena tersebar isu kalau anjing itu jadi-jadian. Sempat juga diisukan anjing itu ada yang bisa berbicara seperti suara manusia. Tak hanya itu, anjing penjaga milik para peternak selalu kabur manakala bertemu anjing liar itu.

Hal ini menyebabkan para peternak kalau meronda tak ada yang berani sendirian, tetapi minimal 2 atau 3 orang. Dan lebih banyak orang katanya jauh lebih baik.

Sumita peternak lainnya menjelaskan, anjing yang menyerang sebeulnya tak banyak. Kebanyakan warga hanya melihat 3 ekor, masing-masing 2 ekor berbulu hitam dan satu ekor berwarna merah yang diyakini sebagai pemimpinnya karena posturnya yang sangat besar. Ada juga diantaranya yang menyebutkan sekitar 5 ekor.

“Kalau sarangnya kita ga pernah tahu, soalnya selalu pindah-pindah. Dari satu desa ke desa lainnya, tetapi bulan-bulan ini memang Desa kami yang sedang diserang. Konon menurut warga yang beraktivitas di sekitar daerah tersebut mengatakan bahwa mereka sering melihat  sarangnya di sekitar bendungan air di desa Tobongjaya,”pungkasnya.(Kanjeng)

 

Kategori:Umum
  1. deadly
    12 Februari 2011 pukul 22:04

    Ngeronda… wahai Forum Peternak Domba Seluruh Indonesia….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: