Beranda > Umum > TERNYATA GULA KELAPA PAKAI KAPORIT

TERNYATA GULA KELAPA PAKAI KAPORIT

Cipatujah- Siapa sangka pembuatan gula kelapa di kampung nan jauh dari kontaminasi polusi dan penggunaan zat kimia, ternyata meleset dari dugaan. Proses pembuatan gula kelapa hasil investigasi Taselamedia ternyata  tidak seluruhnya dilakukan dengan cara yang alami. Ada bahan campuran tertentu yang ditambahkan dalam proses pembuatan gula kelapa ini, terutama dari jenis kaporit, yang selama ini kerap digunakan untu bahan penjernih air. Seperti yang dilakukan oleh Emus, salah seorang pembuat gula kelapa warga kampung Cipanas Desa Cipanas Kecamatan Cipatujah.

Emus  mengaku keluarganya berprofesi sebagai penyadap dan pengolah gula kelapa dilakoninya sejak belasan tahun lalu . Dalam sehari ada sekitar 40 lodong (tabung bambu-red) yang berhasil dibawa suaminya dikala menyadap pohon kelapa. Dari lodong sebanyak itu Emus dan suaminya mampu menghasilkan gula kelapa hingga 54 gandu. Atau semuanya sekitar 14 kg, dengan harga sekitar Rp 6 ribu tiap kilogramnya.

Terkait penggunaan bahan kaporit, itu dilakukannya karena bahan kimia tersebut terbukti mampu menjaga agar air nira tidak menjadi masam. Tak hanya itu, kaporit juga mampu menjadikan gula kelapa menjadi lebih keras dan bersih. Caranya, bahan kaporit dicairkan, dan dituang sedikit-sedikit ke dalam lodong beberapa saat sebelum tabung bambu itu dipergunakan untuk menyadap air nira kelapa lagi.

“Kalau orang sini semuanya pakai kaporit. Sudah biasa,”katanya.

Bagaimana menurut anda, Amankah penggunaan Kaporit dalam Gula Kelapa?(Mareta)

 

Kategori:Umum
  1. rucksuck
    15 Februari 2011 pukul 22:48

    anjridddddddddddddddddddddd……

  2. heri
    21 Februari 2011 pukul 09:12

    sulit untuk kita jauh dari bahan2 kimia,mulai makanan, obat,pakaian,dan yg ada disekeliling kita, mari kita hidup sehat,jngn tergantung sama kimia/yg instan2

  3. cep badru
    22 Februari 2011 pukul 17:46

    marilah kita budayakan kaporit dalam kehidupan sehari-hari. amin

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: