Beranda > Umum > LONGSOR DI CILOGAK, AKIBAT SALURAN IRIGASI JEBOL

LONGSOR DI CILOGAK, AKIBAT SALURAN IRIGASI JEBOL

Lokasi Longsor di Kampung Cilogak Desa Bantarkalong Kecamatan Cipatujah

 

CIPATUJAH, Cuaca Ekstrim dan hujan deras yang sering melanda wilayah selatan Tasikmalaya ternyata menimbulkan bencana alam longsor di wilayah Desa Bantarkalong Kecamatan Cipatujah,tepatnya terjadi di kampung Cilogak, Desa Bantarkalong, Kecamatan Cipatujah, pada minggu (20/2) sekitar pukul 15.00 WIB, akibat kejadian tersebut menimbulkan keresahan pada sekitar 14 Kepala Keluarga yang tinggal di wilayah tersebut. Peristiwa longsor tersebut menyebabkan tanah sepanjang kurang lebih  400 m dengan ketinggian 20 m amblas dan menimbun sekitar satu hektar sawah siap panen dan menimbun pula beberapa kolam gurame, beruntung dalam peristiwa tersebut tidak terdapat korban jiwa.

Menurut beberapa keterangan yang dihimpun Taselamedia di lapangan, longsor yang terjadi pada sekitar aliran irigasi Padawaras tersebut, diperkirakan karena telah terjadinya pengikisan terhadap tepi aliran irigasi , yang juga dipengaruhi keadaan tanah yang labil disekitarnya.

Salah seorang pemilik sawah yang tertimbun materi longsor, Hasinudin, warga kp ciwaru yang bersebelahan dengan kampung cilogak, menyesalkan kejadian longsor tersebut.  “Kalau saja dari pagi kebocoran aliran sungai tersebut diperbaiki tentu ceritanya lain, karena tanda-tanda akan longsor sudah terdeteksi dari adanya kebocoran air yang berasal dari aliran irigasi tersebut, apalagi jika pintu air di bendungan Padawaras di tutup tentu tidak akan longsor”, ungkap Hasinudin yang sejak awal sudah curiga dengan kebocoran yang terjadi sejak pagi.

Sementara itu Karyana, salah seorang kepala keluarga yang tinggal disekitar lokasi longsor mengungkapkan detik detik akan terjadinya longsor tersebut, menurutnya longsor ini terjadi secara tiba-tiba tanpa ada ditandai oleh hal-hal  yang mencurigakan dan di luar dugaan. “Untung pas kejadian tidak ada yang beraktifitas di lokasi tersebut,” ujarnya.

Camat Cipatujah, Najmudin Azis,S.I.P.

kejadian longsor tersebut menyisakan kekhawatiran warga kp. Cilegok. Mereka merasa resah dan khawatir apabila terjadi hujan yang cukup lebat, karena hasil pemeriksaan awal oleh warga setempat  beberapa bidang tanah pada perkampungan tersebut, telah terjadi keretakan dan pergeseran yang berpotensi menimbulkan bencana susulan. Oleh karena itu untuk menjaga keselamatan warga di sekitar lokasi ini, Camat Cipatujah, Najmudin Azis, S.IP, menghimbau masyarakat yang berdomisili di lokasi tersebut untuk meningkatkan kewaspadan serta mengungsi ke rumah warga pada perkampungan terdekat yang dinilai aman. (Azmy/Mareta)

 

 

 

 

Kategori:Umum
  1. 8 Juni 2013 pukul 09:39

    You’re so cool! I do not believe I’ve read something like that before.
    So good to find someone with genuine thoughts on this subject
    matter. Really.. many thanks for starting this up. This web site is one thing that is
    required on the internet, someone with some originality!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: