Beranda > Umum > MERASA LAHANNYA DI JARAH, PT PERNAS ADUKAN PENJARAH HGU PERKEBUNAN BLOK CIKANCUNG KE KEPOLISIAN

MERASA LAHANNYA DI JARAH, PT PERNAS ADUKAN PENJARAH HGU PERKEBUNAN BLOK CIKANCUNG KE KEPOLISIAN

 

 

H ISMAIL Direktur PT PERNAS

Abun Sutisna, Ketua Pemuda Pancasila Kecamatan Cipatujah

 

KARANGNUNGGAL, Seiring makin memanasnya situasi dan makin meruncingnya permasalahan penjarahan lahan Hak Guna Usaha (HGU) Perkebunan Karet yang di kelola PT. PERNAS di Blok Cikancung dalam beberapa pekan ini, Direktur PT PERNAS, H. Ismail, akan mengadukan dugaan perkara penjarahan yang diduga dilakukan sekelompok warga, di Blok Cikancung Desa Karangnunggal, Kecamatan Karangnunggal.  Senin (21/2) aduan tersebut telah dilayangkan ke pihak Kepolisisan dalam hal ini Polsek Karangnunggal, yang secara langsung juga akan diajukan ke pihak Polres KabupatenTasikmalaya. PT Pernas juga  mengadukan kejadian tersebut kepada instansi terkait lainnya, yakni pihak Kecamatan Karangnunggal, serta Desa Karangnunggal, pada hari yang sama.

Lokasi HGU Perkebunan Cikancung seluas 215 Ha, telah sekitar 3 bulan ditandai patok-patok oleh sekelompok warga, yang berdasarkan informasi, akan diajukan menjadi hak milik oleh kelompok warga tersebut. PT PERNAS pun telah tiga kali melakukan musyawarah dengan pihak kelompok warga tersebut, namun tidak menghasilkan kesepakatan, bahkan sudah sepekan terakhir ini, sebanyak 43 karyawan PT Pernas di blok Cikancung, tidak bekerja dikarenakan merasa takut. Karena merasa telah dirugikan, akhirnya Direktur PT Pernas, H Ismail pun akan menyelesaikan permasalahan ini secara hukum.

“Kami ini secara syah berdasarkan peraturan Perundang-undangan sebagai pemegang HGU atas tanah perkebunan Blok Cikancung, seluas 215 hektar, yang masa berlakunya sampai dengan tahun 2024. Dan saat ini ada sekelompok warga yang telah melakukan penyerobotan, serta mengganggu ketenangan usaha perkebunan, dengan melakukan pengkaplingan diatas tanah perkebunan, bahkan hal tersebut membuat para pekerja menjadi takut dan enggan bekerja. Jelas ini melanggar pasal 21 dari Undang-Undang nomor 18 tahun 2004 tentang Perkebunan” terang H Ismail, yang mengaku telah habis kesabarannya, dengan tidak ditemukannya kesepakatan setelah tiga kali pihaknya mengadakan musyawarah dengan kelompok warga tersebut.

PT Pernas sebagai pemegang HGU seluas 1.200 Ha, dengan karyawan sebanyak 385 orang, yang terdiri atas tiga blok Perkebunan di wilayah Tasik Selatan, yakni Cikancung, Sukahayu dan Cipatujah merasa sangat dirugikan dengan kejadian penyerobotan lahan tersebut. Dari tiga lokasi tersebut, hanya Blok Cikancung saja yang tanahnya diserobot sekelompok warga dengan memasang kapling-kapling. Sementara pada dua lokasi HGU lainnya, PT Pernas dapat melangsungkan kegiatannya secara lancar.

Kejadian penyerobotan lahan HGU yang dipegang PT Pernas di Blok Cikancung, juga menarik perhatian Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Cipatujah, yang juga koordinator Pemuda Pancasila wilayah Tasikmalaya Selatan, Abun Sutisna. Menurut Abun, pihaknya merasa berkewajiban ikut mempertahankan hak yang telah diberikan Negara kepada PT Pernas, apalagi keberadaan PT Pernas yang berada diwilayah kerjanya. Lebih jauh Abun Sutisna pun menyayangkan terjadinya pengkaplingan oleh warga, bahkan Abun mengharapkan pihak berwenang dapat segera melakukan penyelidikan, agar mampu mendeteksi gejala tersebut secara dini.

“Kami sebagai organisasi Pemuda, merasa berkewajiban ikut melindungi Hak yang telah diberikan Negara kepada PT Pernas, bahkan kami pun mengharapkan agar pihak berwenang dapat secara cepat memeriksa serta menyelesaikan perkara ini. Saya sangat menyayangkan dengan tindakan warga yang dinilai gegabah, dan mudah-mudahan tidak ada pihak lain yang menggerakan” tegas Abun Sutisna. (azmy)

Kategori:Umum
  1. 14 Agustus 2013 pukul 11:05

    I’m not sure where you are getting your information, but good topic. I needs to spend some time learning much more or understanding more. Thanks for magnificent information I was looking for this information for my mission.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: