Beranda > Umum > SUDAH SELAYAKNYA TRAFFIC LIGHT DAN DAMKAR ADA DI TASELA

SUDAH SELAYAKNYA TRAFFIC LIGHT DAN DAMKAR ADA DI TASELA

Karangnunggal– Tasik Selatan yang mencakup beberapa kecamatan di dalamnya, sudah selayaknya memiliki traffic light di beberapa titik perempatan jalan. Sekarang ini kepemilikan kendaraan baik roda dua maupun roda empat di wilayah Tasela sangat pesat sekali. Hal ini menunjukan bahwa tingkat perekonomian masyarakat ada peningkatan. Dampak dari banyaknya masyarakat memiliki kendaraan, tentunya harus di barengi dengan peningkatan fasilitas penunjangnya. Salah satunya untuk mengantisipasi kecelakaan lalulintas yang kerap terjadi di wilayah Tasela seperti misalnya di Karangnunggal, khususnya di sekitar perempatan terminal Rancabakung yang memiliki arus lalulintas padat dan semrawut, perlu di pasang Traffic Light sebagai salah satu system pengaturan arus kendaraan untuk mengurangi angka kecelakaan.

Sementara itu armada pemadam kebakaran pun  sangat diperlukan  keberadaanya di Tasela, mengingat beberapa kasus kebakaran yang terjadi di wilayah Tasik Selatan terlambat di tangani pihak pemadam kebakaran akibat jauhnya lokasi kantor dinas pemadam kebakaran yang saat ini keberadaanya di kota Tasikmalaya yang jarak tempuh ke Karangnunggal saja mencapai kurang lebih 60 kilometer.

Persoalan ini antara lain dikemukakan Ketua LPM Desa Karangmekar Kecamatan Karangnunggal, Nanang Gani. Menurutnya, kebutuhan traffic light tak lepas dari tingginya angka kecelakaan lalin di daerahnya. Disisi lain, perkembangan wilayah Tasela dan khususnya Karangnunggal dari waktu ke waktu cukup pesat. Hal ini mempengaruhi akan tingginya kepemilikan alat transportasi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Akibatnya, arus lalulintas di sepanjang jalan raya Tasela saat ini saat padat, terutama di pagi dan sore hari saat anak-anak pulang sekolah.

Nanang Gani, ketua LPM Desa Karangmekar

“Perempatan terminal Rancabakung sendiri sangat semrawut. Tiap orang sering berebutan saling salip, karena ingin paling duluan, tanpa mempertimbangkan keselamatan orang lain. Akibatnya lokasi perempatan ini sudah sering menimbulkan kecelakaan akibat saling serobotnya para pengguna jalan. Hal inilah yang mendorong kami dari LPM Karangmekar untuk mengajukan kepada  instansi terkait perihal diperlukannya pemasangan Traffic Light”, ujar Nanang.

Sementara itu, masih menurut Nanang, faktor penting lainnya yang harus ada di wilayah karangnunggal dan Tasela pada umumnya adalah tersedianya armada pemadam kebakaran yang berkantor di wilayah Tasela. Damkar juga diperlukan untuk mengatasi bahaya kebakaran yang akhir-akhir ini mengancam Tasela. Sementara, stasiun Damkar yang ada saat ini berada di wilayah Kota Tasikmalaya, yang manfaatnya kurang optimal karena masalah jarak tempuh yang sangat jauh ke wilayah Tasela. “Kalau ada kebakaran, bisa dipastikan mobil damkar tidak bisa segera bertindak, karena keburu habis dilalap api. Karenanya kami sedang mengusulkan kepada Dinas terkait untuk membangun 2 fasilitas tersebut dalam waktu secepatnya. Saat memasuki kemarau nanti, bahaya kebakaran bisa makin tinggi,” pungkasnya.(Mrt/Azm/Yed)

 

 

 

 

Kategori:Umum
  1. 20 Desember 2012 pukul 01:31

    If you are going for most excellent contents like I do, only
    pay a quick visit this website everyday as it presents
    feature contents, thanks

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: