Beranda > Umum > PELATIHAN KHUSUS PARA PELAKU PNPM MP KECAMATAN KARANGNUNGGAL BERLANGSUNG SELAMA EMPAT HARI

PELATIHAN KHUSUS PARA PELAKU PNPM MP KECAMATAN KARANGNUNGGAL BERLANGSUNG SELAMA EMPAT HARI

KARANGNUNGGAL . UPK PNPM-MP Karangnunggal mempertajam para pelaku PNPM yang terdiri dari KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa), Kader Dusun, TPK (Tim Pengelola Kegiatan), dan TPU (Tim Penulis Usulan), dari seluruh desa se -Kecamatan Karangnunggal, dengan pelatihan khusus yang digelar mulai senin (2/5) dan berakhir pada hari Kamis ini (5/5), bertempat di gedung Mandala Desa  Karangnunggal.

 Acara pelatihan khusus tersebut merupakan kegiatan untuk memebekali para pelaku PNPM-MP, dalam melaksanakan program PNPM-MP 2011. Sekalipun sebagian besar para pelaku telah memahami dan menguasai tupoksi masing-masing, namun UPK Karangnunggal tetap memberikan pembekalan tersebut guna meningkatkan kemampuan para pelaku dan memperlancar jalannya program.

 Pada kesempatan pelatihan kali ini, sebagai narasumber di antaranya adalah Camat Karangnunggal, Nazmudin Azis, S.IP, yang juga secara langsung membuka kegiatan pelatihan tersebut pada Senin lalu. Selain Camat, meteri juga disampaikan oleh FK (Fasilitator Kecamatan) Aen Sunendar, S.Pd, FT (Fasilitator Teknik) Jajang A Rohman, ST, dan Ketua UPK Karangnunggal, Ahmad Yusup, S.IP.

Berbagai materi dari hulu ke hilir mengenai hal ikhwal pelaksanaan program PNPM-MP disampaikan kepada seluruh peserta.Parapeserta pun mengikutinya dengan penuh semangat. Walaupun nilai nominal yang akan diterima oleh UPK Kecamatan Karangnunggal hanya sebesar Rp. 450 juta. Sementara Karangnunggal memiliki luas wilayah yang sangat luas dan terbagi kedalam 14 desa, dengan jumlah penduduk mencapai 90 ribu jiwa.

 Ketua UPK Karangnunggal, Ahmad Yusup, S.IP, mengungkapkan bahwa tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan bidang PNPM-MP bagi seluruh pelaku kegiatan dan program.

 “Pelatihan ini selain sebagai pelaksanaan dari tahapan program, juga sebagai transper ilmu tentang pemberdayaan juga pembekalan bagi mereka, sehingga diharapkan mereka mampu menjadi kader handal yang bisa melaksanakan tupoksinya dengan baik” ungkap Ahmad Yusup.

Menanggapi minimnya angka dana program yang diterima karangnunggal, Ahmad Yusup menyerahkan hal tersebut kepada pihak yang berkompeten untuk memberikan kebijakan. “Kami hanya bisa mengajukan permohonan dan berharap rencana untuk Karangnunggal dikembalikan ke anggaran awal melalui ABT APBN dapat terealisasi” tambahnya. (azmy)

Kategori:Umum
  1. dian kurnia m
    5 Mei 2011 pukul 13:06

    saya ndak tau persis program PNPM yang dilaksanakan oleh karangnunggal, tapi apabila mengangkat konsep “Pemberdayaan” maka disana harus memenuhi unsur” fisik maupun non fisik. mudah”an dalam penyelenggaraannya berimbang antara fisik dan non fisik. pemberdayaan masyarakat berbentuk fisik sekiranya akan mudah dilaksanakan apabila transparansi pelaksana bagus, tetapi sungguh sulit pemberdayaan masyarakat dalam bentuk non fisik karena apabila instrumen alat ukur keberhasilan tidak dirumuskan dengan baik karena perlu hadirnya akademisi di sana. dalam pemberdayaan non fisik setidaknya harus memenuhi pencapaian tujuan yang ditentukan yaitu pencapaian apektif, koognitif, dan psikomotor.
    mudah”an PNPM yang diselenggarakan di Karangnunggal berjalan dengan baik dan apa yang saya kemukakan diatas sudah terlaksana dan bahkan lebih dari itu.
    trims, i love Karangnunggal🙂

  2. deddy
    13 November 2011 pukul 20:09

    saya sebagai masyarakat di daerah kecamatan majenang kabupaten cilacap dan ikut serta dalam pelaksanaan pnpm mp,
    masyarakt sangat terbantu dengan ada’y perogram ini tolong tingkatkan terus kegiatan pnpm mp agar masyarakat kami menjadi lebih sejahtera.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: