Beranda > Umum > Paus Terdampar Di pantai Cipatujah

Paus Terdampar Di pantai Cipatujah

P1020257Cipatujah. Tadi pagi 14/09/2009 masyarakat pesisir pantai Pasanggrahan Kecamatan Cipatujah  dikejutkan dengan terdamparnya seekor  paus raksasa.

Paus yang memiliki panjang 11,75 meter dengan perut  berdiameter 4 meter ini diperkirakan berbobot 4 ton dan perkiraan  terdampar pada pukul 03.00 WIB dini hari.

Menurut camat Cipatujah Najmudin Azis SIP, pihaknya sudah  berkoordinasi  dengan dinas terkait diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan  serta Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya untuk memutuskan apakah paus tersebut akan dikonsumsi atau di kuburkan.

Karena berdasarkan hasil penelitian sementara paus tersebut biasa dikonsumsi, hanya saja untuk yang ditemukan terdampar di Cipatujah ini pihaknya menunggu hasil pemeriksaan tim dokter hewan dari kabupaten. “ Nanti kalau berdasarkan  hasil penelitian tim dokter , paus ini layak untuk di konsumsi, masyarakat sekitar diperbolehkan untuk mengambil dagingnya”, ujar Azis.

Sampai  berita ini diturunkan 15.30 WIB, paus raksasa tersebut masih menjadi tontonan masyarakat yang datang bukan hanya dari Cipatujah saja, melainkan dari Cikalong, Bantarkalong, Karangnunggal bahkan dari kota Tasikmalaya. ( Yedi )

P1020255P1020256P1020261P1020264

Kategori:Umum
  1. eka wandar
    14 September 2009 pukul 20:28

    Gila abis di gegerkan sama Gempa datanglah Ikan Paus… Mungkin tadinya die mau nengok Cigalontang… ehhh…malah terdampar di Cipatujah.. waduh makin tenar aje neh.. Tasikmalaya Selatan (Tasela)… Kalo menurut Punksit ini bertanda akan terbentuknya Kabupaten Baru…

    • riana novandia
      22 September 2009 pukul 09:32

      tapi mnrut paranormal stempat yg be2rpa wktu lalu di tanyai prihal paus trdmpar itu,, ktanya: paus ini mrupakan jlmaan dri pngawal nyi roro kidul,sang ratu pantai selatan.
      kjadian ini pun d artikan sbgai lampu hijau kalu akan datang tsunami besar,, krna nyi roro tidak trima akan prlakuan manusia yang srkah,shngga pngawalnya di makan,bukan nya di tolong agar di kmbalikan k laut…
      nah bgtu critanya………
      ini aneh,,,, krn pda tsunami yg prtma pun crinya sprti tu,bdanya yg skrg paus sdngkan yang dulu hiu….

  2. 14 September 2009 pukul 20:43

    amazing..that’s one of source tasela..mr. yedi good job..i wish what the hell paus appeared that have to give us spirit to manage tasela potency more.
    i agree also with my bro mr.eka..THE NEW DISTRICT WILL BE COME

    • 11 Januari 2011 pukul 23:07

      jangan percaya yang gituan sekarang kita percaya aja ma tuhan , mungkin paus itu sudah waktunya mati

  3. sandy
    14 September 2009 pukul 23:11

    pertamax … berita menarik paling uptudate nih, di koran dan web lain belum ada yang muat

  4. 15 September 2009 pukul 09:38

    wuah.. gila! jenis ikannya apa sih tuh?

  5. Uwaw Panjang Yuswana
    15 September 2009 pukul 11:10

    Untuk kedepannya di tasik selatan perlu dibangun dermaga khusus untuk ikan paus.. karena terdamparnya ikan paus bukan hanya kali ini saja.. kali dulu juga pernah..
    (so sorry this is just an ordinary)

  6. riza_kasela
    15 September 2009 pukul 13:50

    enaknya buat lauk buka puasa bersama GRATIS

  7. abh3s
    15 September 2009 pukul 14:35

    waduh kasiha ikanya tuh…..

  8. Icha
    15 September 2009 pukul 18:14

    Itu humpback whale (Megaptera novaeangliae). Saya tahu karena saya meneliti paus di Bali.

    cheers,
    Icha

    • riana novandia
      22 September 2009 pukul 09:24

      oya??????????? paus jnis apa????? knpa bsa trdmpar pula?

  9. Icha
    16 September 2009 pukul 07:04

    Halo, saya memerlukan sampel untuk analisis DNA dari paus ini. Bisa tidak ya ada yang mengirimkan sekerat dagingnya ke Udayana di Denpasar untuk dianalisis? Atau mungkin ada yang bisa beritahu saya ke mana harus saya hubungi? Mungkin KSDA setempat?

    Mohon diemail ke putuliza@yahoo.com atau putu.liza@jcu.edu.au secepatnya, sebelum pada diambil semua dagingnya🙂

    terima kasih!

  10. katrin
    16 September 2009 pukul 09:26

    nambahin info. paus bukan ikan. dia mamalia yang hidupnya 100% di laut. klo ikan itu kelompok pisces yang bernafas dengan insang sedangkan paus bernafas menggunakan paru2, seperti mamalia lainnya (termasuk manusia).

  11. 16 September 2009 pukul 13:38

    Beberapa kejadian menunjukkan terdamparnya paus hampir bersamaan dengan kejadian gempa bumi seperti yang terjadi di Papua beberapa waktu yang lampau.
    Apakah ada kajian mengenai kemungkinan keterkaitan terdamparnya mamalia laut tersebut dengan fenomena gempa bumi?

  12. Icha
    16 September 2009 pukul 13:47

    Paus dan lumba-lumba (ordo Cetacean) mengarungi lautan (dan sungai2 juga) dengan navigasi sonar. Jika ada gangguan terhadap sonar mereka, mereka bisa nyasar. Gempa bumi bisa juga membuat gangguan sonar, seperti yang terjadi di Tasmania Australia awal Januari tahun ini.

    Yang jelas, banyak paus yang tercatat terdampar di sekitar saat bintik matahari (sun spots) sedang banyak2nya, sekitar 11 tahunan sekali.

    Dan biasanya kalau ada gangguan alami seperti itu (sun spot atau gempa), yang terdampar berame-rame, bukannya sendirian. Sayangnya daging paus ini sudah dibagi rata, jadi sulit untuk dinekropsi penyebab kematiannya. Tapi kalo sendirian begitu, mungkin karena sakit, atau gangguan navigasi lainnya.

    • Bachtiar
      17 September 2009 pukul 12:29

      Bagaimana Cha kalo udah jadi dendeng bisa ga di teliti ?
      kalo bisa nanti aku cari in !

  13. 16 September 2009 pukul 14:56

    wuihhh…jadi pengen iktan megang kaya apa ya rasanya…klo liat dari sini sih rasanya takut tapi pengen megang tapi takut tapi pengen megang tapi…..hihihihihi….

    salam kenal😀

  14. 16 September 2009 pukul 16:07

    Wah jadi penasaran nih kepingin melihat.. mungkin ada sesuatu di tengah laun sana sehingga ikan kabur ke daratan!

    Lebaran makan ketupat lauknya ikan paus.. he..hee

  15. 16 September 2009 pukul 23:24

    ini adalah yang ketiga kalinya jenis ikan besar terdampar di pantai cipatujah, kalau saya gak salah ingat tahun 1986 (ikan Hiu sekitar 4 ton), tahun 1993, dan sekarang ini 2009

  16. ana
    17 September 2009 pukul 08:15

    Untuk minta informasi lebih lanjut ke siapa ya? apakah dagingnya sudah habis atau belum ? sapa tau bisa untuk kajian secara genetik juga.

    mohon informasinya.
    terimakasih

  17. Icha
    17 September 2009 pukul 10:27

    KSDA Garut sudah mengamankan sebagian. Teman saya sedang menuju ke sana untuk minta sampel tissue untuk DNA analysisnya; nanti akan dikirim ke lab di Udayana University di Bali. Saya sendiri sedang penelitian ttg dolphin, tapi di Australia.

    PS: Katrin benar. Paus itu bukan ikan😀 dan sepertinya tidak sehat makan daging yang sudah mulai membusuk begitu…

  18. 17 September 2009 pukul 11:09

    Mas mas dan mbak mbak Tasik Selatan Media Online, mohon maaf.. tapi Paus bukan ikan tuh! melainkan mamalia, sama seperti mas mas dan mbak mbak bedanya mereka hidup di laut. Percaya atau tidak, mereka adalah makhluk yang berintelejensi tinggi. Mengapa si makhluk malang ini terdampar? hmm mungkin karena pola migrasi yang terganggu oleh kegiatan manusia, atau dampak global warming. Semoga Allah tidak melenyapkan mereka dari muka bumi sebelum anak cucu kita mengenal mereka secara nyata. Amien! ‘met puasa semua!🙂

    • 17 September 2009 pukul 12:30

      Terima kasih atas koreksinya

  19. 17 September 2009 pukul 14:24

    Saya hanya mengetahui bahwa Paus memang salah satu jenis mamalia yang hidup di air, selain jenis mamalia lain yang hidup di darat dan udara. Namun saya ingin tahu:

    – Apa yang menyebabkannya bisa terdampar?
    – Katanya karena adanya gangguan pada navigasi sonar mereka. Bagaimana gangguan itu mempengaruhi sistem navigasi sonar mereka?
    – Apakah Paus tidak dapat berenang kembali ke perairan yang lebih dalam bila mereka kesasar ke perairan dangkal dan akan menyebabkan mereka terdampar?
    – Apakah Paus tidak dapat melihat bila dirinya berada di lingkungan yang dapat membahayakan dirinya?
    – Paus bernafas dengan paru-paru. Tidakkah itu membuatnya dapat bertahan di daratan?

    Saya senang membaca artikel yang berhubungan dengan fauna, selain menggemari menonton filmnya (Animal Planet salah satunya). Sangat bermanfaat bagi saya bila ada yang dapat membantu menjelaskan.

    • Icha
      17 September 2009 pukul 14:48

      1. Apa yang menyebabkannya bisa terdampar?
      – penyakit
      – cuaca buruk
      – kejadian alam seperti bintik matahari dan gempa bumi (tidak langsung sih, ada time delay)
      – Gangguan navigasi sonar (lihat #2)
      Paus biasanya hidup berkelompok (ada juga yang sendiri2). Jika pemimpinnya sakit dan tidak bisa navigasi dan terdampar (atau karena ada kejadian lain), anggota2 lain bisa juga ikut terdampar

      2. Katanya karena adanya gangguan pada navigasi sonar mereka. Bagaimana gangguan itu mempengaruhi sistem navigasi sonar mereka?
      Sistem interferensi. Seperti radio, kalau ada dua frekuensi FM yang berdekatan, biasanya kita tidak bisa jelas mendengar radio tersebut. Sama saja dengan sonar cetacean yang bekerja pada frekuensi tertentu, jika ada sumber sonar lain di dekatnya (biasanya buatan manusia), atau ada benda/construct yang mempengaruhi sonar mereka, mereka bisa bingung dan terdampar
      Teori favorit orang2 adalah adanya kapal selam yang memancarkan sonar frek rendah (LFA – low frequency active sonar) sehingga paus2 ini bingung. Sudah ada beberapa penelitian ttg ini. Amerika Serikat dan beberapa negara maju sudah melarang penggunaan sonar berfrekuensi rendah karena membuat paus2 terdampar.

      3. Apakah Paus tidak dapat berenang kembali ke perairan yang lebih dalam bila mereka kesasar ke perairan dangkal dan akan menyebabkan mereka terdampar?

      Biasanya kalau topografi perairannya terlalu rendah, mereka memang jadi bingung karena tidak tahu di mana channel dalam yang bisa diikuti. Dan di perairan dangkal, ombaknya biasa besar dan arusnya arus balik, jadi tetap saja terseret ke darat lagi.

      4. Apakah Paus tidak dapat melihat bila dirinya berada di lingkungan yang dapat membahayakan dirinya?

      Paus bergigi (Subordo Odontocetes, termasuk juga lumba2) punya mata mirip manusia. Tapi di dalam air mereka tidak bisa melihat terlalu jauh. Mereka jauh lebih tergantung pada pendengaran mereka dan juga sonar (yang dihasilkan oleh otak mereka). Jadi kalau transmisi sonar terganggu, mereka tetap bisa nyasar.

      5. Paus bernafas dengan paru-paru. Tidakkah itu membuatnya dapat bertahan di daratan?
      – Dehidrasi membuat paus tambah lemas (seperti manusia kalau kepanasan; tapi paus punya toleransi jauh lebih rendah)
      – Perubahan tekanan udara yang drastis berpengaruh negatif pada paru2 paus yang biasa dengan tekanan air. Hal ini bisa membuat stroke dan juga penyakit kardiovaskuler. Perub tekanan juga bisa sebabkan melemahnya otot2 jantung paus.

      Semoga bisa lebih menjelaskan sedikit🙂

  20. 17 September 2009 pukul 15:44

    Wah, lengkap sekali informasi yang diberikan, jadi asyik membacanya. Thanks for the details, and nice to know you!

  21. ries
    17 September 2009 pukul 22:42

    thanks Icha, informasi yang anda berikan sangat menarik, walaupun tidak sering sudah tiga kali paus terdampar di pantai ini.

  22. Icha
    18 September 2009 pukul 08:32

    Ries, thanks infonya.

    (1986 (ikan Hiu sekitar 4 ton), tahun 1993, dan sekarang ini 2009)

    Yang 1986 itu hiu atau paus? Ada memang jenis hiu yang namanya paus bodoh (paus bintang, geger lintang, whale shark, Rhyncodon typus) yang gede seperti paus. Tapi dia hiu karena ada insangnya (paus TIDAK ada insang sama sekali).

    Yang 1993 sayang ga ada arsipnya ya… belon jaman internet sih waktu itu…

    Dugaan saya dan teman2 adalah paus ini mungkin, mungkin berasal dari populasi yang sama dengan paus bongkok yang terdampar di Bali Oct 2007 lalu, karena bulan terdamparnya sama, dan lokasinya di selatan barisan Jawa-Bali (kemungkinan jalur migrasinya).

    thanks banget atas diskusinya yang menarik!

  23. evisyari
    18 September 2009 pukul 09:42

    Assalamu`alaikum Wr Wb
    Taqoballahuminna wa minkum
    Minal `aidzin wal fa idzhin
    Mohon Maaf Lahir dan Batin
    By:
    http://evisyari.wordpress.com

  24. eka wandar
    18 September 2009 pukul 14:52

    icha thanx infonya yg mendetail tentang paus,saya datang langsung ke TKP pas hari kejadian paus ini terdampar,pas awal ditemukan menurut nelayan setempat paus ini masih bernafas mungkin terlalu lama di darat, paus ini tidak bertahan lama,dan paus ini tidak lama kemudian dipotong2 dagingnya dan dibagikan,jadi paus ini belum membusuk jadi layak DIKONSUMSI.

  25. Icha
    18 September 2009 pukul 16:29

    Begitu… Wandar ada punya foto ekor bagian bawah atau sirip ventral yang putih nggak? Bagian2 itu penting buat ID populasi paus, karena paus bongkok biasa di ID (untuk individual markings) dengan underfluke (ekor bag bawah) atau siripnya.

    Ttg konsumsi, gimana ya… itu memang kebiasaan masy kita untuk langsung makan apapun yang mendarat di pantai… padahal kita ga tau paus itu terdampar karena cuaca atau ada penyakit di dalamnya.

    Just saying, orang harusnya lebih waspada dan tidak terburu2 mengambil tindakan.

    • ries
      19 September 2009 pukul 00:00

      saya punya photo paus yang lain, sayang ga ada photo ekor yang ada cuma bagian sirip depan, susah fotonya berdesak-desakan. kalau icha perlu nanti saya emailkan

  26. hgthj
    18 September 2009 pukul 21:22

    pauss…ikan intu terdampar gara.gara mau lihat gereja di cipatujah..giakan utusan paus pauluss..he..he

  27. 19 September 2009 pukul 05:40

    Gw khawatir kejadian beberapa tahun yang lalu terjadi lagi, banyak yang keracunan setelah mengkonsumsi ikan raksasa yang terdampar di Cipatujah….

    • ries
      19 September 2009 pukul 20:25

      memang pernah terjadi keracunan setelah mengkonsumsi ikan raksasa, dimana dan kapan mas ariess

  28. Icha
    19 September 2009 pukul 13:59

    Ries, kalo ada fotonya, boleh diemail ke putuliza@yahoo.com atau putu.liza@jcu.edu.au? Sekalian nama lengkap Ries ya, buat acknowledgement kalau fotonya digunakan nanti.

    cheers,
    Icha

  29. Evi Mujia
    20 September 2009 pukul 22:07

    Waaah…asyik bener diskusinya, jadi nambah ilmu baru nich… capa tau,ada siswa yang nanyain di kls, ada reperensi baru gtu lho…thanks.

  30. ripan sudirman
    28 September 2009 pukul 06:16

    oya gw denger dr nyokap si ”emang” yg menggergaji tu paus katanya is die???trus yg makan dagingny pada ”lieur” alias puyeng.benar ga….dasar manusia pada serakah.tu ikan kan ga layak tuk dmakan,ky ga ada lauk lain ja,,,,daun singkong msh byk kalee….

  31. novira shena
    28 September 2009 pukul 21:10

    ihhhhhhhhhh……………. kasian ya paus itu
    aku tau knpa paus itu datang karna alloh yg mmberikan paus itu kpada masyarak cipatujah

  32. ovie
    29 September 2009 pukul 17:42

    tambah lagi dong referensinya,,aku orang awam tentang paus

  33. naufal
    1 Oktober 2009 pukul 18:50

    wqh gede bagt

  34. riza
    3 Oktober 2009 pukul 18:22

    wuih . .
    keren bgt pembahasannya . .
    q jd lbh tau . .
    buat para peneliti ikan paus, selamatkan hdp paus ya . .
    biar ia tetep ada kalo ada kan penelitian tetep jalan kalo tetep jalan pengetahuan bertambah . .
    sekali lagi . . .
    semanagat yaw . .

  35. 7 Oktober 2009 pukul 04:20

    There’s good info here. I did a search on the topic and found most people will agree with your blog. Keep up the good work mate! 🙂

  36. 8 Oktober 2009 pukul 14:05

    Beeeeeh…..
    Gede banget.

  37. ftie
    22 Oktober 2009 pukul 11:04

    gila msh ada ja 2 ikan kr’n uw udh pde punah.,

  38. hendrik
    25 Desember 2009 pukul 19:31

    #

    *

    1. Apa yang menyebabkannya bisa terdampar?
    – penyakit
    – cuaca buruk
    – kejadian alam seperti bintik matahari dan gempa bumi (tidak langsung sih, ada time delay)
    – Gangguan navigasi sonar (lihat #2)
    Paus biasanya hidup berkelompok (ada juga yang sendiri2). Jika pemimpinnya sakit dan tidak bisa navigasi dan terdampar (atau karena ada kejadian lain), anggota2 lain bisa juga ikut terdampar

    2. Katanya karena adanya gangguan pada navigasi sonar mereka. Bagaimana gangguan itu mempengaruhi sistem navigasi sonar mereka?
    Sistem interferensi. Seperti radio, kalau ada dua frekuensi FM yang berdekatan, biasanya kita tidak bisa jelas mendengar radio tersebut. Sama saja dengan sonar cetacean yang bekerja pada frekuensi tertentu, jika ada sumber sonar lain di dekatnya (biasanya buatan manusia), atau ada benda/construct yang mempengaruhi sonar mereka, mereka bisa bingung dan terdampar
    Teori favorit orang2 adalah adanya kapal selam yang memancarkan sonar frek rendah (LFA – low frequency active sonar) sehingga paus2 ini bingung. Sudah ada beberapa penelitian ttg ini. Amerika Serikat dan beberapa negara maju sudah melarang penggunaan sonar berfrekuensi rendah karena membuat paus2 terdampar.

    3. Apakah Paus tidak dapat berenang kembali ke perairan yang lebih dalam bila mereka kesasar ke perairan dangkal dan akan menyebabkan mereka terdampar?

    Biasanya kalau topografi perairannya terlalu rendah, mereka memang jadi bingung karena tidak tahu di mana channel dalam yang bisa diikuti. Dan di perairan dangkal, ombaknya biasa besar dan arusnya arus balik, jadi tetap saja terseret ke darat lagi.

    4. Apakah Paus tidak dapat melihat bila dirinya berada di lingkungan yang dapat membahayakan dirinya?

    Paus bergigi (Subordo Odontocetes, termasuk juga lumba2) punya mata mirip manusia. Tapi di dalam air mereka tidak bisa melihat terlalu jauh. Mereka jauh lebih tergantung pada pendengaran mereka dan juga sonar (yang dihasilkan oleh otak mereka). Jadi kalau transmisi sonar terganggu, mereka tetap bisa nyasar.

    5. Paus bernafas dengan paru-paru. Tidakkah itu membuatnya dapat bertahan di daratan?
    – Dehidrasi membuat paus tambah lemas (seperti manusia kalau kepanasan; tapi paus punya toleransi jauh lebih rendah)
    – Perubahan tekanan udara yang drastis berpengaruh negatif pada paru2 paus yang biasa dengan tekanan air. Hal ini bisa membuat stroke dan juga penyakit kardiovaskuler. Perub tekanan juga bisa sebabkan melemahnya otot2 jantung paus.

    Semoga bisa lebih menjelaskan sedikit🙂

    #
    di/pada 17 September 2009 pada 15:44 | Balas apieceoficeberg

    Wah, lengkap sekali informasi yang diberikan, jadi asyik membacanya. Thanks for the details, and nice to know you!

    #
    di/pada 17 September 2009 pada 22:42 | Balas ries

    thanks Icha, informasi yang anda berikan sangat menarik, walaupun tidak sering sudah tiga kali paus terdampar di pantai ini.

    #
    di/pada 18 September 2009 pada 08:32 | Balas Icha

    Ries, thanks infonya.

    (1986 (ikan Hiu sekitar 4 ton), tahun 1993, dan sekarang ini 2009)

    Yang 1986 itu hiu atau paus? Ada memang jenis hiu yang namanya paus bodoh (paus bintang, geger lintang, whale shark, Rhyncodon typus) yang gede seperti paus. Tapi dia hiu karena ada insangnya (paus TIDAK ada insang sama sekali).

    Yang 1993 sayang ga ada arsipnya ya… belon jaman internet sih waktu itu…

    Dugaan saya dan teman2 adalah paus ini mungkin, mungkin berasal dari populasi yang sama dengan paus bongkok yang terdampar di Bali Oct 2007 lalu, karena bulan terdamparnya sama, dan lokasinya di selatan barisan Jawa-Bali (kemungkinan jalur migrasinya).

    thanks banget atas diskusinya yang menarik!

  39. 17 September 2010 pukul 14:39

    paus???? gilaaaaa gokiil abiezzzt,gw sih sedikit percaya

  40. yusuf yustia
    4 Februari 2011 pukul 10:13

    Lanjutkan info tentang ikan Pausnya

  41. dmb
    4 Juli 2012 pukul 11:18

    hahahahaaaaa,…

  42. 21 September 2012 pukul 12:14

    I am curious to find out what blog system you’re utilizing? I’m having some minor
    security issues with my latest blog and I would like to find
    something more secure. Do you have any suggestions?

  43. 3 Mei 2013 pukul 12:37

    Her name was Vikki Gaddis, and she says she won’t be plumping her lips again as she” looked like Daffy Duck”. Who are you going to know if that’s the
    nerve. There is an old saying movate skin lightening cream that goes saying it
    don’t make it worse than it needs to take the picture.

  44. 8 Mei 2013 pukul 10:29

    It’s remarkable designed for me to have a web page, which is good designed for my knowledge. thanks admin

  45. 10 Mei 2013 pukul 03:29

    The ethical issues that surround the use of embryonic stem cells
    make it difficult for scientists and researchers in some countries to receive
    the funding they need to pursue their work. Several
    training centers offer extent level of programs with talented faculties.
    That crossroad provides a choice, a choice that can be made out of fear or faith.

  46. 15 Mei 2013 pukul 00:39

    What’s up to every one, since I am truly eager of reading this website’s post to be updated
    daily. It contains pleasant material.

  47. 16 Mei 2013 pukul 05:27

    Today, I went to the beachfront with my children.
    I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said
    “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the shell to
    her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is completely off
    topic but I had to tell someone!

  48. 20 Mei 2013 pukul 10:03

    Today, I went to the beach with my children. I found a sea shell and gave it to my 4 year
    old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the shell to her ear and screamed.
    There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go
    back! LoL I know this is completely off topic but I had to tell someone!

  49. 17 Juli 2013 pukul 10:26

    Unquestionably consider that which you stated. Your favorite reason seemed to be at the web the easiest thing to take note of. I say to you, I certainly get irked while other people think about concerns that they just don’t recognize about. You controlled to hit the nail upon the highest and also outlined out the whole thing with no need side effect , other people can take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

  50. 17 Juli 2013 pukul 10:26

    It is perfect time to make a few plans for the longer term and it’s time to be happy. I have learn this submit and if I may just I want to counsel you some attention-grabbing things or suggestions. Perhaps you can write subsequent articles regarding this article. I wish to learn more things approximately it!

  51. 17 Juli 2013 pukul 21:34

    I had been talking in such a short period of time when she went
    to school that day. He closes his grey hair home remedies eyes and gazes at me impassively.
    I almost smothered him to grey hair home remedies death!
    This tallies with Majestic’s recent finding that customers are trading up significantly and a report last year by the wine-trade exhibition organiser, Vinexpo, showing greater demand for higher-priced wines.

  52. 19 Juli 2013 pukul 08:35

    Hi there, i read your blog from time to time and i
    own a similar one and i was just curious if you
    get a lot of spam comments? If so how do you reduce it, any
    plugin or anything you can suggest? I get so much lately it’s driving me insane so any help is very much appreciated.

  53. 19 Juli 2013 pukul 12:38

    You are so interesting! I do not think I have read through a single thing like this before. So good to discover someone with some original thoughts on this subject matter. Seriously.. thanks for starting this up. This website is one thing that is required on the internet, someone with a little originality!

  54. 21 Juli 2013 pukul 02:57

    hey there and thank you for your info – I have certainly picked up anything new from right here. I did however expertise a few technical points using this website, as I experienced to reload the site lots of times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your hosting is OK? Not that I am complaining, but sluggish loading instances times will often affect your placement in google and can damage your quality score if advertising and marketing with Adwords. Anyway I’m adding this RSS to my email and could look out for a lot more of your respective exciting content. Ensure that you update this again very soon.

  55. 22 Juli 2013 pukul 00:59

    We’re a gaggle of volunteers and starting a brand new scheme in our community. Your site provided us with valuable information to work on. You have done a formidable process and our entire neighborhood will likely be thankful to you.

  56. 22 Juli 2013 pukul 01:00

    Someone essentially lend a hand to make critically posts I would state. That is the first time I frequented your web page and to this point? I surprised with the research you made to make this actual put up amazing. Wonderful job!

  57. 22 Juli 2013 pukul 01:01

    I will immediately take hold of your rss as I can not in finding your email subscription link or newsletter service. Do you’ve any? Please let me understand so that I may subscribe. Thanks.

  58. 22 Juli 2013 pukul 01:01

    I do accept as true with all of the ideas you’ve presented on your post. They’re very convincing and can certainly work. Nonetheless, the posts are too brief for beginners. May just you please extend them a bit from next time? Thanks for the post.

  59. 22 Juli 2013 pukul 01:02

    Simply desire to say your article is as astounding. The clearness on your publish is simply nice and that i could think you are an expert on this subject. Well together with your permission let me to grab your feed to keep up to date with approaching post. Thank you a million and please continue the enjoyable work.

  60. 22 Juli 2013 pukul 01:02

    Great beat ! I would like to apprentice at the same time as you amend your web site, how can i subscribe for a blog site? The account helped me a acceptable deal. I have been a little bit acquainted of this your broadcast provided shiny transparent idea

  61. 22 Juli 2013 pukul 01:03

    Hello to every one, the contents present at this web site are actually remarkable for people experience, well, keep up the good work fellows.

  62. 22 Juli 2013 pukul 01:06

    I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz answer back as I’m looking to construct my own blog and would like to know where u got this from. cheers

  63. 22 Juli 2013 pukul 01:06

    This piece of writing presents clear idea in support of the new people of blogging, that actually how to do running a blog.

  64. 22 Juli 2013 pukul 01:06

    Excellent post. I was checking constantly this weblog and I am inspired! Very helpful information specially the final part🙂 I deal with such info a lot. I was seeking this particular info for a very lengthy time. Thank you and good luck.

  65. 22 Juli 2013 pukul 01:07

    hello!,I really like your writing very a lot! share we be in contact extra approximately your article on AOL? I require a specialist on this space to unravel my problem. May be that is you! Having a look forward to peer you.

  66. 22 Juli 2013 pukul 01:07

    Hi, I do believe this is a great blog. I stumbledupon it😉 I may return once again since I book-marked it. Money and freedom is the best way to change, may you be rich and continue to guide others.

  67. 22 Juli 2013 pukul 01:09

    It’s appropriate time to make some plans for the longer term and it’s time to be happy. I have read this submit and if I may just I wish to counsel you few interesting things or suggestions. Perhaps you can write next articles referring to this article. I want to read more things about it!

  68. 22 Juli 2013 pukul 01:09

    Good day! I just would like to offer you a huge thumbs up for the great info you’ve got here on this post. I am returning to your blog for more soon.

  69. 22 Juli 2013 pukul 01:10

    I read this piece of writing fully on the topic of the comparison of most recent and preceding technologies, it’s remarkable article.

  70. 22 Juli 2013 pukul 01:10

    I’m not sure where you are getting your information, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for fantastic info I was looking for this information for my mission.

  71. 22 Juli 2013 pukul 01:11

    This is a really good tip particularly to those fresh to the blogosphere. Brief but very accurate info… Many thanks for sharing this one. A must read article!

  72. 22 Juli 2013 pukul 01:13

    What a data of un-ambiguity and preserveness of valuable experience about unpredicted feelings.

  73. 22 Juli 2013 pukul 01:13

    I seriously love your site.. Very nice colors & theme. Did you create this web site yourself? Please reply back as I’m wanting to create my own personal site and would love to find out where you got this from or just what the theme is named. Thank you!

  74. 22 Juli 2013 pukul 01:15

    Hello, I do think your website might be having browser compatibility issues. When I look at your website in Safari, it looks fine however when opening in Internet Explorer, it’s got some overlapping issues. I merely wanted to provide you with a quick heads up! Besides that, great website!

  75. 22 Juli 2013 pukul 01:17

    Ahaa, its pleasant dialogue about this paragraph here at this website, I have read all that, so now me also commenting at this place.

  76. 22 Juli 2013 pukul 01:44

    If you want to take a good deal from this article then you have to apply such methods to your won website.

  77. 22 Juli 2013 pukul 01:48

    Hi would you mind sharing which blog platform you’re using? I’m looking to start my own blog soon but I’m having a hard time making a decision between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design seems different then most blogs and I’m looking for something unique. P.S Sorry for getting off-topic but I had to ask!

  78. 27 Juli 2013 pukul 23:53

    Hurrah! In the end I got a blog from where I can actually obtain valuable data concerning my study and knowledge.

  79. 1 Agustus 2013 pukul 04:32

    Woah! I’m really loving the template/theme of this blog. It’s simple, yet effective.
    A lot of times it’s tough to get that “perfect balance” between user friendliness and visual appeal. I must say you’ve done a superb job with this.
    Also, the blog loads very fast for me on Safari. Outstanding Blog!

  80. 2 Agustus 2013 pukul 17:53

    Greetings! Very helpful advice in this particular article! It is the little changes that will make the biggest changes. Thanks for sharing!

  81. 3 Agustus 2013 pukul 00:31

    Thanks for ones marvelous posting! I really enjoyed reading it, you could be a great author. I will be sure to bookmark your blog and definitely will come back later on. I want to encourage one to continue your great posts, have a nice afternoon!

  82. 22 Agustus 2013 pukul 03:24

    A fascinating discussion is worth comment. I do think that you
    should publish more about this subject matter, it might not be
    a taboo subject but generally folks don’t discuss such subjects. To the next! Kind regards!!

  83. 23 Agustus 2013 pukul 10:51

    daging nya,,,lumayan enak,,,…sapalih mah d anggo hajat ku sebagian warga mah,,,

  84. 29 Agustus 2013 pukul 01:01

    Its not my first time to visit this web site, i am browsing this web site dailly and take good data from here daily.

  85. 29 Agustus 2013 pukul 02:17

    After I initially left a comment I appear to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a comment is added I recieve 4 emails with the exact same comment. There has to be a means you are able to remove me from that service? Thanks a lot!

  86. 30 Agustus 2013 pukul 16:14

    It’s actually a great and useful piece of info. I am satisfied
    that you simply shared this helpful information
    with us. Please stay us informed like this. Thanks for
    sharing.

  87. 14 September 2013 pukul 12:36

    Terrific work! That is the type of information that are supposed to be shared around the web. Shame on Google for not positioning this put up higher! Come on over and visit my web site . Thanks =)

  88. 16 September 2013 pukul 23:55

    She started by running ads in financial magazines for information on how you can grow your savings and best ways to invest your money.

    Rinse out, and then shampoo and condition as normal.
    The System menu also gives you access to more complex information about your system.

  89. 14 Desember 2013 pukul 07:55

    cеrtainly lіke yοur web site howevеr yοu nеed
    to take a loοk at the spelling оn quite a few of уour posts.
    Many of them aare rife ωith spelling ρroblems and I to findd іt
    vеry troublesome tо inform the reality thеn again I’ll definitelу cοme аgain аgain.

  90. 29 Desember 2013 pukul 01:02

    Do you have a spam issue on this blog; I also am a blogger,
    and I was curious about your situation; we have developed some nice procedures and
    we are looking to swap techniques with others, why not shoot me an e-mail if interested.

  91. 13 Januari 2014 pukul 04:31

    It’s simply pretty generous with you to allow unhampered exactly what a few people could
    have marketed as an electronic book to generate
    some profit for their own end, primarily considering the fact that you could have tried it
    in the event you desired. Those basics as well worked like
    the good way to fully grasp that someone else have the same fervor much like mine to figure out many more in terms of this problem.
    I think there are thousands of more fun occasions ahead
    for individuals that start reading your blog.

  92. 12 Maret 2014 pukul 21:10

    The only thing standing between you business vocabulary and want you want to
    get a feel for what it is. The world needs to know about
    that thinker. Once an artist is that we usually have more patience than the young guys and gals.

  93. 13 Maret 2014 pukul 17:01

    Great blog here! Additionally your website rather a lot up
    very fast! What web host are you the usage of? Can I
    am getting your associate link to your host? I want my
    web site loaded up as fast as yours lol

  94. 29 Maret 2014 pukul 07:42

    It’s very effortless to find out any topic on net as compared to books, as I found this piece of writing at this web site.

  95. 18 April 2014 pukul 10:35

    Fantastic blog you have here but I was curious if you knew of any message boards that cover the same topics talked about
    in this article? I’d really like to be a part of online community where I can get feed-back from other experienced individuals that share the same interest.
    If you have any suggestions, please let me know. Thanks!

  96. 21 April 2014 pukul 19:04

    waduh gede banget tuh, pasti enak buat dimakan hehehe.

  97. 10 Mei 2014 pukul 06:14

    Thanks for sharing your thoughts. I really appreciate
    your efforts and I will be waiting for your next post thanks once again.

  98. 12 Mei 2014 pukul 04:30

    Please let me know if you’re looking for a author for your blog. You have some really good articles and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write some material for your blog in exchange for a link back to mine. Please shoot me an email if interested. Many thanks!

  99. 20 Mei 2014 pukul 07:51

    Heya i am for the primary time here. I came across this board and I find It truly helpful & it
    helped me out much. I am hoping to offer something
    back and help others such as you helped me.

  100. 14 Juni 2014 pukul 10:07

    I know this web site presents quality depending content and additional stuff, is there any other site which gives these data in quality?

  101. 22 Juni 2014 pukul 02:33

    You need to analyze the competition, trends in the internet, having house finance a successful website is necessary.

  102. 3 Juli 2014 pukul 23:31

    Hey just wanted to give you a quick heads up.
    The text in your post seem to be running off the screen in Opera.
    I’m not sure if this is a format issue or something to do with
    web browser compatibility but I figured I’d post to let you know.
    The layout look great though! Hope you get the issue fixed soon. Thanks

  103. 11 Juli 2014 pukul 16:41

    Mediation: This is one of the most significant and cheaper alternative to hiring individual lawyers.

    More or less often blame are the pilot errors and mechanical failures.

    Tax attorneys also negotiate with the tax authorities for
    a compromise to settle back taxes.

  104. 2 Agustus 2014 pukul 01:15

    fantastic put up, very informative. I’m wondering why
    the opposite specialists of this sector don’t realize
    this. You must proceed your writing. I am confident, you’ve a
    great readers’ base already!

  105. 11 Agustus 2014 pukul 14:36

    A fascinating discussion is worth comment.
    There’s no doubt that that you need to write more about this issue, it
    might not be a taboo matter but usually people do not talk about these issues.
    To the next! Best wishes!!

  106. 21 September 2014 pukul 14:15

    Attractive component to content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to assert that I acquire in fact enjoyed account
    your blog posts. Any way I’ll be subscribing in your
    augment or even I fulfillment you get right of entry to constantly
    quickly.

  107. 15 Mei 2016 pukul 21:33

    What’s up, this weekend is good in support of me, for the reason that this point in time i am reading this wonderful educational post here at my home.

  1. 17 September 2009 pukul 11:55
  2. 22 November 2014 pukul 22:30
  3. 23 November 2014 pukul 22:03

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: