Beranda > Umum > JELANG RAMADHAN PAMIJAHAN DI SERBU PEJIARAH

JELANG RAMADHAN PAMIJAHAN DI SERBU PEJIARAH

Bantarkalong. Siapa yang tidak kenal objek wisata religi Pamijahan, tentu hampir seluruh masyarakat di pulau jawa pasti mengenal Pamijahan. Pamijahan adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, terletak kurang lebih75 kilometer dari kota Tasikmalaya ke arah selatan.

Pamijahan adalah salah satu objek wisata religi yang memberikan kontribusi PAD yang tidak sedikit bagi Kabupaten Tasikmalaya, hampir dipastikan ribuan orang dalam sehari mengunjungi objek wisata ini. Dengan didominasi kendaran bus besar, puluhan bahkan ratusan  bus lalu lalang mengantar para pejiarah mengunjungi makam Syeh Abdul Muhyi. Selain terkenal dengan adanya makam syeh, Pamijahan pun terkenal dengan wisata goa bekas peninggalan Syeh Abdul Muhyi mengajarkan dan menyebarkan ajaran islam di tatar sunda.

Seperti saat ini, menjelang memasuki bulan suci Ramadhan para pejiarah kembali mengalami peningkatan kunjungan, seperti yang dijelaskan Asep (35) salah seorang petugas penjaga gerbang masuk lokasi wisata Pamijahan, “Rata rata dalam sehari tidak kurang dari 5000 orang pengunjung memasuki Pamijahan,hal ini tentunya berbeda sekali dengan hari hari biasa”, ungkapnya. “Pamijahan akan mengalami penurunan kunjungan pejiarah biasanya pada bulan Ramadhan dan nanti akan ramai kembali ketika memasuki bulan Haji”, ujar asep.

Sementara itu Yoyoh (33) penduduk setempat merasa terbantu perekonomiannya dengan banyaknya pejiarah. “Warga di sini biasanya selain berdagang, juga menyewakan rumah-rumahnya untuk peristirahatan para pejiarah sebelum mereka melanjutkan perjalanan memasuki makam dan goa, ada juga yang menjual jasa penitipan kendaraan sepeda motor,menyewakan WC dan mendampingi para pejiarah mengelilingi lokasi makam dan goa”, jelasnya.

Pengunjung wisata religi Pamijahan berasal dari berbagai daerah baik di pulau jawa maupun luar jawa, serta biasanya mereka melakukan wisata religi ini di satu paketkan dengan mengunjungi makam Sembilan wali atau lebih kita kenal dengan Wali Songo dan Pamijahan merupakan paket terakhir dari rangkaian wisata religi tersebut.(Yedi)

Kategori:Umum
  1. Jidan
    1 Agustus 2010 pukul 14:26

    Sungguh luar bisa, Pamijahan membawa daya tarik yg fenomenal.
    Infrastrukturnya donk, di benahi, jangan cuma PAD nya doang yg di keruk.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: